Google

Tuesday, May 31, 2005

Thesis 64 - USAHA

USAHA

Thesis 64

Pekerjaan-pekerjaan baik yang dilakukan terpisah dari Kristus adalah pekerjaan-pekerjaan jahat.

Di bawah ini ada sebuah daftar tindakan-tindakan. Pilihlah tindakan mana yang baik dan mana yang buruk.
1. Memberi makan orang yang kelaparan.
2. Mengirimkan bunga kepada seseorang.
3. Pergi ke gereja.
4. Menawarkan tumpangan kepada pengelana yang tersesat.
5. Tersenyum.
6. Mengunjungi orang sakit.
7. Berkata “terima kasih” dan “tolong” dan “saya minta maaf”.
8. Membawa roti yang baru dan enak kepada tetangga.
9. Menyumbangkan uang untuk gereja.
10. Membagikan imanmu.

Sekarang saya bertanya, pernahkah engkau didekati seorang anak muda di airport, tersenyum, dan memberikanmu bunga? Kemudian dia ingin agar engkau memberikannya uang, benar? Dan jika engkau memberikannya uang, ke kantong siapakah uang itu akan lenyap? Itu akan pergi ke pemimpin sekte tertentu yang dia wakili! Jadi apakah tersenyum dan memberikan bunga tindakan baik, atau buruk?

Pikirkan paragraf ini, terdapat dalam The Great Controversy, hal. 509: “Sang penggoda sering bekerja dengan sangat sukses melalui orang-orang yang dianggap paling tidak mungkin berada di bawah kendalinya.... Pendapat yang berlaku pada orang banyak bahwa semua yang kelihatan seperti kesopanan dan kehalusan budi bahasa harus, dalam beberapa pengertian, pantas kepada Kristus. Tidak ada kesalahan yang lebih besar. Kwalitas-kwalitas ini harus menghiasi tabiat setiap orang Kristen, karena mereka akan menggunakan sebuah pengaruh yang berkuasa dalam menyatakan agama yang benar; tetapi mereka (kwalitas-kwalitas tersebut) harus suci di hadapan Allah, atau mereka juga adalah kuasa untuk kejahatan. Banyak orang yang sopan dan terpelajar dan berperilaku menyenangkan, yang tidak akan tunduk pada apa yang biasanya dianggap sebagai tindakan yang tidak bermoral, tetapi adalah sebuah peralatan yang berkilap di tangan Setan.” Maka kelakuan baik tidak nyata di dalam diri mereka.

Yesus berkata, dalam Matius 7:22,23: “Pada hari terakhir banyak orang yang akan berseru kepada-Ku: TUHAN, TUHAN, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku kamu sekalian pembuat kejahatan!” Maka pekerjaan-pekerjaan baik yang dilakukan terpisah dari sebuah hubungan bersama Kristus, terpisah dari pengenalan akan Kristus, disebut apa? Kejahatan.

Adalah mungkin bagi seorang atheis untuk membuat roti yang enak dan membagikannya dengan seorang tetangga. Orang-orang dunia yang tidak mempunyai waktu untuk Allah dapat peduli pada bencana kelaparan di dunia dan bekerja untuk meringankannya. Adalah mungkin bagi penyembah berhala atau orang kafir untuk mengunjungi orang sakit. Uang dapat disumbangkan untuk gereja yang tidak akan TUHAN terima. Beberapa orang yang mengunjungi gereja adalah agen-agen Setan, bukan anak-anak Allah. Orang-orang Farisi membagikan iman mereka dan membawa orang-orang yang mereka ajar dua kali lebih jahat dari diri mereka sendiri. Bahkan seorang penjahat berdarah dingin dapat menawarkan tumpangan kepada pengelana tersesat dan menggunakan kesempatan itu untuk mengambil keuntungan dari orang yang tidak berdaya itu.

Pekerjaan-pekerjaan baik yang dilakukan terpisah dari Kristus adalah pekerjaan-pekerjaan jahat. Agar pekerjaan-pekerjaan itu menjadi pekerjaan-pekerjaan baik, mereka (pekerjaan-pekerjaan itu) harus dilakukan untuk kehormatan dan kemuliaan TUHAN. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5:16. “Pekerjaan-pekerjaan baik” ini akan mulai kelihatan ketika pertobatan dan perubahan terjadi. Sebelum itu terjadi kata-kata dan perbuatan-perbuatan tidak akan “memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Roma 14:23 berkata, “Segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.” Ketika TUHAN menghakimi, Dia melihat kepada hati, motif-motif, agenda-agenda tersembunyi di dalam pikiran. Jika kita hidup terpisah dari Kristus, kita tidak punya pilihan tetapi harus bekerja dari sebuah dasar mementingkan diri, dan karena itulah pekerjaan-pekerjaan baik kita bukan merupakan pekerjaan baik sama sekali.

Adalah benar jika seseorang sedang lapar dan seseorang memberikannya roti, dia akan diberi makan tanpa menghiraukan motif-motif orang yang memberinya makan. Tetapi sejauh sebagai tindakan perorangan pemberian itu diperhatikan, pekerjaan baik apapun yang dia lakukan terpisah dari Kristus adalah pekerjaan-pekerjaan jahat. Kristus yang tinggal di dalam hati oleh iman, dan yang mau bekerja di dalam kita, adalah satu-satunya sumber pekerjaan-pekerjaan baik.

95 Theses on Righteousness by Faith, Morris L. Venden,
Pacific Press Publishing Associations-Boise, Idaho.
Translated by Joriko Melvin Sihombing