Google

Friday, May 27, 2005

Thesis 68 - PERTUMBUHAN

PERTUMBUHAN

Thesis 68

Engkau tidak bertumbuh dengan berusaha bertumbuh.

Tujuan saya adalah untuk menjadi setinggi enam kaki. Tetapi hal itu tidak berjalan mulus—saya hanya berhasil tiga kaki enam inchi! Kemudian, ketika saya harus berdiri di barisan depan bersama anak-anak perempuan untuk photo bersama kelas delapan, itu lebih dari yang dapat ditanggung oleh seorang laki-laki. Satu hari kelihatannya waktulah yang mencoba menolong masalah ini.

Saya pergi ke dapur, berdiri di depan pintu dengan sebuah penggaris melintasi kepala saya, dan membuat sebuah tanda. Kemudian saya pergi ke halaman belakang dan bergantung pada tiang jemuran selama yang dapat saya tahan. Kemudian saya bergegas kembali ke pintu tersebut dan mengukur kembali. Betapa mengecewakan. Hal itu tidak menolong sama sekali!

Yesus berkata, “Siapakah yang karena kekhawatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” Matius 6:27. Engkau tidak bertumbuh dengan berusaha bertumbuh. Kenyataannya, semakin engkau berusaha untuk mencoba bertumbuh, engkau semakin tidak bertumbuh. Jika saya menghabiskan seluruh waktu saya untuk bergantung di tiang jemuran, bukan saja saya dapat menjadi enam kaki tingginya, tetapi itu akan membutuhkan waktu yang terlalu lama hingga saya menjadi enam kaki ke bawah!

Ellen White menulis kepada gereja kita pada masa yang, “Tumbuh-tumbuhan dan bunga-bunga bertumbuh bukan oleh kekhawatiran atau kegelisahan atau usaha mereka sendiri, tetapi dengan menerima apa yang TUHAN telah sediakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Seorang anak tidak dapat, oleh kegelisahan atau kekuatan diri sendiri, menambahkan tingginya. Engkau juga tidak dapat, dengan kegelisahan atau usaha dirimu sendiri, memiliki pertumbuhan rohani.”—Steps to Christ, hal. 68.

Bahkan anak kecilpun mengerti prinsip pertumbuhan. Engkau dapat bertanya kepada mereka, “Yang mana yang lebih engkau suka kerjakan, bertumbuh atau makan?”

Tidak butuh waktu lama untuk menjawabnya. Jika mereka mengusahakan pertumbuhan, mereka tidak mendapatkan apapun. Jika mereka mengusahakan makan, mereka akan mendapatkan keduanya.

Apakah engkau tertarik pada bertumbuh secara rohani? Engkau tidak dapat bertumbuh dengan berpusat pada pertumbuhan. Mungkin tidak ada yang lebih merusak pertumbuhan rohani dari pada secara terus-menerus memeriksa apakah dirimu telah berbuah. Cara bertumbuh adalah dengan makan—dengan mengambil bagian dari Roti Hidup dan Air Hidup. Orang yang mengalami pertumbuhan paling cepat adalah orang yang menjauhkan pandangannya dari dirinya dan berkonsentrasi pada Matahari Kebenaran itu. Orang yang paling kerdil adalah orang yang menghabiskan waktu paling banyak untuk mencoba bertumbuh.

Banyak orang yang telah memiliki pemikiran bahwa kelahiran rohani datang dari TUHAN tetapi kehidupan rohani adalah tanggung jawab mereka sendiri. “Banyak yang memiliki sebuah pemikiran bahwa mereka harus melakukan beberapa bagian dari pekerjaan itu sendiri. Mereka telah percaya di dalam Kristus untuk pengampunan dosa, tetapi sekarang mereka berusaha oleh kekuatan mereka sendiri untuk hidup benar. Tetapi setiap usaha seperti itu pasti gagal. Yesus berkata, ‘Di luar Aku engkau tidak dapat melakukan sesuatu.’ Pertumbuhan kita di dalam kasih karunia, sukacita kita, kegunaan kita,--semua bergantung pada persekutuan kita dengan Kristus. Adalah melalui persekutuan dengan-Nya, setiap hari, setiap jam,--oleh tinggal di dalam Dia,--kita dapat bertumbuh di dalam kasih karunia. Dia bukan hanya Penulis, tetapi juga Penutup iman kita.”—Idem., hal. 69.

Apakah tujuanmu untuk mencapai “tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus”? Efesus 4:13. Engkau tidak akan pernah dapat mencapai tujuan itu dengan bergantung pada tiang jemuran rohani. Tidak mungkin bertumbuh di dalam kasih karunia oleh usaha kita yang lemah. Pertumbuhan adalah sebuah karunia. Itu diterima oleh persatuan kita bersama Yesus, melalui persekutuan dengan-Nya. Manusia tidak akan pernah mendapatkan oleh dirinya sendiri apa yang telah Allah berjanji untuk berikan.

Apakah engkau kadang kala bertanya-tanya apakah engkau sedang bertumbuh? Ada cara yang pasti untuk mengetahuinya. Lihat apakah engkau sedang makan! Makan menentukan pertumbuhan setiap waktu.

95 Theses on Righteousness by Faith, Morris L. Venden,
Pacific Press Publishing Associations-Boise, Idaho.
Translated by Joriko Melvin Sihombing